Bienvenida...


بسم الله توكلت على الله... ﻻحل وﻻقوة اﻻ بالله...

Jumat, 03 Juni 2011

Khasiat Wortel Tidak Hanya Untuk Mata


Usut punya usut, wortel punya hasiat lebih dari sekedar kesehatan mata. Salah satunya adalah dapat mencegah stroke. Orang yang terkena stroke, jika banyak mengkonsumsi vitamin A, akan mengalami lebih sedikit kerusakan saraf dan dapat mempunyai kesempatan untuk sembuh. Hal ini disebabkan karena waktu otak tidak memperoleh oksigen beberapa lama, seperti pada stroke, sel mulai mengalami mal fungsi (gangguan fungsi) yang menyebabkan rangkaian kejadian mencapai puncaknya ketika pada sel-sel saraf terjadi kerusakan oksidatif, dan kondisi tersebut dapat diredan jika dalam darah terdapat banyak vitamin A.

Sebuah penelitian menunjukkan, mengkonsumsi wortel sedikitnya lima kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena stroke. Khasiat anti stroke tersebut juga ditimbulkan karena aktivitas beta karoten yang dapat mencegah terjadinya plak atau timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Biasanya beta karoten lebih dikenal sebagai provitamin Ayang akan menjadi vitamin A pada dinding usus halus.
". Karena wortel itu tidak mengandung kolesterol. Ada serat yang bisa mengurangi lemak dalam darah. Dia juga bisa sebagai anti oksidan. Lemak yang teroksidasi dalam pembuluh darah yang akan membuat stroke, memang bisa mencegah stroke kalau dia mengkonsumsi wortel yang anti oksidan dan seratnya tinggi." Ungkap dokter Win Johanes, MS, Sp.GK dari Medigreen Jl. Kelapa Hibrida Raya blok QG 10 No. 15, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara.

Tak ada seorangpun yang mau terkena stroke. Dan tak ada seorangpun yang mau mati muda. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lantas tunggu apalagi, Wortel yang kita kenal sebagai sayuran bisa menjauhkan kita dari stroke. Wortel itu juga digunakan sebagai detox dan anti oksidan yang sangat baik.
". Untuk jantung, ada penelitian di Massuchusetts pada 1300 lansia ada yang diberi satu porsi sehari. Tiap hari diberikan pada sekelompok lansia sebanyak 122 gram. Ternyata, resiko serangan jantungnya berkurang 60% dibanding yang tidak." Bebernya.

Satu cangkir wortel (16,679 mcg) mengandung banyak beta karoten yang bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker. Satu cangkir dapat mengurangi 20% kanker payudara pasca menopause, dan bisa menahan sebanyak 50% kanker kandung kemih, juga 50% kanker paru-paru jika kita mengkonsumsinya.
Dari penelitian Journal of Agricultural pada Ford Chemistry kandungan fulcarinoid yang dimiliki wortel bisa menurunkan resiko kanker usus besar.

Wortel pun, menurut dr. Win baik untuk mencegah diabetes.
". Berbandik terbalik dengan resisten insulin, bisa mencegah diabetes. Dia berbanding terbalik artinya: jika dia makan wortel maka resistensinya berkurang. Tapi kalo gak makan jadi naik." Pungkasnya.


Wortel juga baik untuk perokok.
Dr. Win juga mempublikasikan bahwa di dalam asap rokok ada satu bensopyrine yang menyebabkan status vitamin A dalam tubuh seseorang menurun. Sehingga menimbulkan kanker dan pembengkakan paru-paru. Karena itu perokok sangat baik mengkonsumsi wortel agar vitamin A dalam tubuhnya meningkat.
". Ternyata untuk perokok, dikasih wortel yang banyak akan membuat vitamin A dalam tubuh meningkat." Lanjutnya.

Untuk memperoleh hasil maksimal, pilihlah wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan wortel tersebut masih muda dan segar. Pilihlah wortel yang lurus. Semakin orange, semakin bagus mutu wortel.
". Wortel itu lebih bagus di rebus. Karena didnding selnya tebal. Kalo direbus jadi beta karotennya sangat baik untuk diserap tubuh. Dari pada langsung mentah." Tegasnya.

Jika wortel dikonsumsi berlebihan, akan timbul tanda-tanda telapak tangan orange kekuningan. Itu adalah akibat beta karoten yang menumpuk. Lebih baik berhenti mengkonsumsinya. Tapi warna di telapak tangan itu akan hilang dengan sendirinya. Dan kalau sudah hilang, maka dapat mengkonsumsinya kembali.

Untuk kecantikan, wortel sangat baik karena akan membuat kulit lebih halus. Mengkonsumsi wortel juga bisa mengurang jerawat.

INFO PRAKTIS TENTANG MANFAAT WORTEL:
Menghaluskan wajah:
Ambil 2-3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian oleskan kepada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering lalu bilas.

Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gram worel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.


source: tabloid genie edisi 14 th. VII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nyok komen2...!!! ^_^